RANGKAIAN KEGIATAN P5 TEMA KEWIRAUSAHAAN - PEMBUATAN
JAMU
Projek Penguatan Profil Pelajar
Pancasila atau yang disingkat dengan P5 merupakan Projek yang wajib dilakukan
oleh Satuan Pendidikan yang menggunakan Kurikulum Merdeka. Projek Penguatan Profil Pelajar
Pancasila (P5) ini merupakan bagian dari Struktur Kurikulum Merdeka yang telah
diluncurkan oleh Kemendikbudristek.
Sebagai pelaksana Implementasi
Kurikulum Merdeka, SMP N 3
Colomadu memilih tiga tema projek yang dilaksanakan pada
tahun ajaran 2023/2024 dengan pilihan tema
untuk kelas VII yaitu : Gaya Hidup Berkelanjutan, Kearifan Lokal, dan
Kewirausahaan. Sedangkan untuk kelas VIII mengambil tema : Bangunlah Jiwa dan
Raganya, Suara Demokrasi, dan Kewirausahaan.
Pada tema
Kewirausahaan ini, pada hari Jum’at tanggal 24 November 2023 siswa kelas VII
SMP N 3 Colomadu melaksanakan kegiatan “Proses Pembuatan Jamu Tradisional –
Jamu Kunir Asem” dengan mendatangkan nara sumber seorang pengusaha jamu
tradisional,
Tahapan yang dilalui oleh peserta
didik dalam melaknakan kegiatan P5 tema Kewirausahaan adalah tahap Eksplorasi
Konsep – Kontekstualisasi – Aksi Nyata – Refleksi dan Evaluasi. Pada tahap
Eksplorasi konsep, siswa diajak untuk mengetahui lebih dalam pengetahuan
tentang kewirausahaan, pelaku usaha sukses, menumbuhkan kreatifitas dan kerja
tim. Tahap Kontekstualisasi mempunyai tujuan agar siswa mengalami langsung dan
belajar dari proses kewirausahaan dari pelaku usaha jamu tradisional. Pada
tahap kontekstualisasi, siswa mengamati
secara langsung alat dan bahan, tata cara serta proses pembuatan jamu
tradisional – jamu kunir asem yang langsung dipraktekkan oleh nara sumber. Pada tahap Aksi Nyata, siswa mulai melakukan dan mempraktikkan ilmu
yang telah mereka pelajari dengan membuat jamu kunir asem. Produk jamu kunir asem hasil praktek siswa bersama
nara sumber ditampilkan dan diperjualbelikan pada seluruh warga SMP N 3 Colomadu selama satu hari pada tanggal 24 November 2023. Kegiatan tersebut menjadikan
pengalaman pelajar yang tidak akan terlupakan oleh mereka. Mereka belajar
bagaimana membuat jamu kunir asem, mengemas jamu kunir asem
supaya terlihat lebih cantik dan menarik, melakukan
pemasaran sampai dengan melakukan promosi dari produk yang mereka jual.
Tahap terakhir yang dilalui oleh
siswa adalah tahap Refleksi dan Evaluasi yang pada tahap ini mereka belajar
untuk membaca umpan balik yang diberikan oleh pengunjung, yang dalam hal ini adalah guru dan karyawan
SMP N 3 Colomadu, melakukan evaluasi, membuat laporan tertulis, merancang tindak
lanjut bagi pribadi dan sekolah. Semua tahap yang dilakukan oleh siswa
dibimbing oleh wali kelas dan 1 pembimbing / koordinator setiap kelasnya. Mereka akan mendapatkan laporan kegiatan P5 ini pada
Rapor P5 yang akan diberikan setiap akhir tahun ajaran.
Posting Komentar