TINGKATKAN HASIL BELAJAR
IPS DENGAN METODE FAMEGA
Oleh
: Nunuk Sri Rahayu, S.Pd
Guru
SMP Negeri 3 Colomadu, Karanganyar
Selama ini proses
pembelajaran IPS masih bersifat konvensional, pembelajaran bersifat teoretis
dan abstrak. Proses pembelajaran berpusat pada guru, dimana peserta didik
kurang aktif dalan proses pembelajaran. Dalam menerangkan materi pelajaran guru
masih banyak menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Pembelajaran yang
terus-menerus seperti ini membuat peserta didik merasa jenuh dan bosan. Sehingga
peserta didik kurang tertarik dalam mengikuti pelajaran IPS. Dengan demikian
peserta didik banyak yang mengantuk, mencari kesibukan dan asyik ngobrol.
Pelajaran IPS seharusnya menarik dan menyenangkan karena sangat dekat dengan
kehidupan peserta didik.
Metode yang kurang tepat dapat berpengaruh
pada hasil belajar peserta didik yang tidak memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan
Minimal) yang telah ditentukan. Hal ini terjadi di SMP Negeri 3 Colomadu
Karanganyar di kelas VII G. Untuk mencari penyelesaian, guru dituntut agar bisa
merubah model pembelajaran yang konvensional dengan model-model pembelajaran
yang efesien. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran yang tidak hanya
berpusat pada guru namun melibatkan keaktifan peserta didik dalam proses
pembelajaran, sehingga pada akhirnya ketuntasan belajar dari hasil belajar
peserta didik dapat tercapai.
Berdasarkan masalah
yang dihadapi peserta didik, maka penulis memiliki solusi dalam menyelesaikan
permasalahan mengenai hasil belajar peserta didik. Penerapan metode famega
(Pemanfaatan Media Gambar) merupakan alternatif yang baik dalam melakukan
proses pembelajaran yang dapat penulis aplikasikan di kelas. Penulis menerapkan
teknik pembelajaran ini dengan menayangkan gambar-gambar dengan power point
yang ada kaitannya dengan materi pelajaran IPS. K.D.3.3. Aktivitas Manusia
dalam Memenuhi Kebutuhan
Dalam hal ini media
dapat meningkatkan efesiensi proses dan mutu hasil belajar mengajar (Hamalik,
2009:64). Pemanfaatan media gambar berfungsi untuk menyampaikan pesan dari guru
kepada peserta didik. Pepatah Cina mengatakan bahwa sebuah gambar bercerita
lebih banyak dari pada seribu kata. Kegiatan dalam pembelajaran dengan
penerapan metode famega berlangsung dengan skenario pembelajaran menggunakan
gambar gambar yang ditayangkan sebagai penjelasan dalam materi pelajaran.
Peserta didik perlu mencermati setiap gambar yang telah ditampilkan sebagai
upaya mempermudah proses mengingat dalam memori mereka. Dalam kegiatan
pembelajaran ini peserta didik akan lebih tertarik dan senang karena mereka
dapat melihat gambar yang sesuai dengan
materi yang diajarkan.
Dengan melihat gambar
peserta didik akan mudah untuk mengingat dibandingkan dengan mendengarkan.
Mekanisme pembelajarannya adalah guru menyampaikan kompetensi yang ingin
dicapai, menyajikan materi sebagai pengantar, guru menayangkan gambar-gambar
melalui LCD yang berkaitan dengan materi, guru memberi petunjuk dan memberi
kesempatan pada peserta didik untuk memperhatikan/menganalisa gambar, melalui diskusi
kelompok 4-5 orang peserta didik. Hasil diskusi dari analisa gambar tersebut
dicatat pada kertas, tiap kelompok diberi kesempatan mempresentasikan hasil
diskusinya, mulai dari komentar/hasil diskusi peserta didik, guru mulai
menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai, kesimpulan.
Penerapan metode famega
dalam pembelajaran mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa
baik pada aspek afektif maupun psikomotorik. Dalam konteks ini secara
menyeluruh hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran IPS akan meningkat.
Penulis menyimpulkan penerapan metode famega dapat meningkatkan hasil belajar
mata pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Colomadu, Karanganyar. Penulis menyadari
penerapan metode famega bisa berjalan dengan baik apabila didukung oleh teman sejawat,
kepala sekolah, maupun Dinas Pendidikan. Mengingat masih minimnya beberapa
materi dibeberapa bab yang menggunakan tampilan gambar yang mempermudah dalam
penyampaian materi.
Posting Komentar